Cara Membedakan Ayam Bangkok Asli dan Ayam Bangkok Lokal Jawa

perbedaan ayam bangkok asli dan ayam bangkok jawa

Saya akan mengajak anda untuk membedakan ayam bangkok asli dengan ayam lokal jawa asli, yang mungkin tidak asing lagi di telinga kita. Begitu banyak perbedaan diantara kedua ayam ini jika di telateni satu persatu, dan mari kita simak bareng-bareng yuuuuuukkkk !
kita mulai dari yang paling mudah dulu dari atas dulu ya.. Mari kita simak!

Perbedaan Ayam Bangkok Asli dan Palsu

  1. Paruh ayam juga beda jika kita lihat, yang atas dan yang bawah juga beda, kalau ayam bangkok yang atas lebih panjang tidak terlalu gemuk, dan yang bawah juga agak panjang juga agak gemuk. Nah kalo ayam lokal jawa yang atas lebih pendek juga lebih gemuk negitu juga yang bawah lebih pendek tp tdak gemuk.
  2. Jengger ayam bagian atas yang juga berbeda, kalau ayam bangkok asli jenggernya yang atas pendek tidak tinggi, biasanya paling sering jengger tersebut bergaris tigan kalau nggak sigar jambi, kalau ayam lokal jawa bentuknya seperti rambutnya anak punk rock jalanan hehehe piss…. seperti cangkang kerang besar.
  3. Jengger ayam bagian bawah yang juga berbeda, milik ayam bangkok yang sekilas kita pandang tidak ada tapi yang sebenarnya itu ada cuman tidak panjang, lain lagi milik ayam lokal jawa yang jengger bawah lebih panjang jika jalan bergelantungan.
  4. Kepala yang berbeda, ayam bangkok lebih besar bentuknya seperti jambi yang membuat ayam ini cerdas dalam pertarungan juga memiliki keberanian, lain lagi dengan ayam lokal jawa yang lebih kecil lonjong seperti telur ayam kampung.
  5. Leher juga berbeda milik ayam bangkok lebih besar lebih panjang lebih berotot tapi juga lihat cara perawatannya, nah milik ayam lokal jawa lebih pendek lebih kecil dan tidak begitu berotot.
  6. Dari bahu kanan kiri ayam bangkok lebih besar bagian dada yng lebar lain lagi bahu ayam lokal jawa yang cenderung lebih tipis.
  7. Tubuh ayam juga jauh berbeda, ayam bangkok berisi lebih berotot seperti orang yang sering vitness, ayam lokal jawa bentuknya lebih kecil berbentuk tapi tidak begitu berotot.
  8. Kaki ayam yang sangat jauh berbeda, ayam bangkok memiliki tulang besar, panjang, paha yang gemol dan juga kuat, melahirkan pukulan mematikan dan kelincahan saat bertarung, ayam lokal jawa bentuknya yang lebih kecil, lebih pendek dan memiliki tulang keras tapi untuk bertarung nyalinya kecil tapi memiliki kelincahan dilaga terbang hehehe.

Itu semua diperbedaan fisiknya, memang benar semua ayam sama, madih ada lagi yang membuat sobat lebih bisa membedakannya lagi. Hal ini lebih meyakinkan sobat untuk mengetahui perbedaan ayam bangkok asli dengan ayam lokal jawa, perbedaan ini hanya menunggu waktu karna saya ambil dari kokok (klorok) ayam perbedaannya adalah ayam bangkok asli berkoko keras tapi pendek seperti suara hentakan tidak berirama, kalau kokok (klorok) ayam lokal jawa lebih mengaung, lebih panjang dan berirama.

Ayam bangkok asli lebih besar, badan lebih kekar gagah, memiliki otak yang cerdas bertarung, memiliki kelicikan/curang bertarung, pukulan keras, maka dari itu ayam ini bersejarah di Daerah penggemar sabung ayam, “saya aja suka meski saya ga pernah main sabung ayam”.

Ayam lokal jawa asli lebih kecil dari ayam bangkok asli dan tentunya seperti contoh di atas yang sudah kita baca barusan. Tapi sobat kebanyakan sekarang ini banyak ayam yang dikawin silang ayam bangkok asli dengan ayam lokal jawa asli, jadi agak sulit membedakan, di tempat saya begitu banyak hasil kawin silang, tapi tenang sobat perbedaan di atas juga tidak kalah dengan kawin silang.

Yang tetap membuat pendirian tetap menjadi ayam bangkok adalah di kokok (klorok) ayam yang masih utuh tidak berubah, dan kaki panjang tapi kecil.

Ehhh sobat sudah dulu ya sobat mungkin info ini membuat anda bisa menilainya, selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih sudah berkunjung !

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Open chat
Powered by